Home

Rabu, 10 Juli 2024

Ayat Manzil

 

Manzil ini mengandungi beberapa ayat al-Quran yang telah diajar oleh Rasulullah SAW kepada para sahaba r. anhum sebagai penawar dan ubat (syifa) daripada beberapa jenis penyakit rohani dan jasmani serta sebagai pelindung daripada sihir.

Fadhilat mengamalkan ayat manzil adalah banyak. 

Melalui pengalaman kebanyakkan orang, manzil ini sangat mujarab untuk menyembuhkan penyakit sihir, jin dan lain-lain.

Cara mengubati pesakit ini adalah sama ada pesakit itu sendiri membaca ayat-ayat tersebut ataupun orang lain membacakannya dan dihembus ke dalam air untuk diminum pesakit.

Bacaan Ayat Manzil

1.      Membaca al-Fatihah

2.      Surah al-Baqarah ayat 1 — 5

3.      Surah al-Baqarah ayat 163

4.      Surah al-Baqarah ayat 255 (Ayatul Kursi)

5.      Surah al-Baqarah ayat 256

6.      Surah al-Baqarah ayat 257

7.      Surah al-Baqarah ayat 284

8.      Surah al-Baqarah ayat 285

9.      Surah al-Baqarah ayat 286

10.  Surah al-Imraan ayat 18

11.  Surah al-Imraan ayat 26

12.  Surah al-Imraan ayat 27

13.  Surah al-A’raf ayat 54 — 56

14.  Surah al-Isra’ ayat 110 — 111

15.  Surah al-Mukminun ayat 115 — 118

16.  Surah al-Shaffat ayat 1 — 11

17.  Surah ar-Rahman ayat 33 — 40

18.  Surah al-Hasyr 21 — 24

19.  Surah Jinn 1 — 4

20.  Surah al-Kafirun

21.  Surah al-Ikhlas

22.  Surah al-Falaq

23.  Surah an-Nas

Ayat 4 selempang merah ( ilmu perang )

 


1. Doa/istigfar nabi Yunos a.s dalam perut ikan Nun ” Lailaha ila anta subhanaka….- 33x

2. Amalan saidina Ali r.a ” Wallahu gholibun ‘ala amri” -33x

3. Amalan Asif Barkhiya ” Ya hayyun Ya Qoyyum……-33x

4. Amalan Imam Ghazali ” Ya zaljalali wal ikram” – 100x

tujuan amalan nih ialah utk menaikan semangat dan mendekatkan diri kepada Allah.

Selain tu utk minta diselamatkan dlm peperangan.

Kelebihan ayat 4 nih bila musuh serang pakai senjata jadi tak kena. Terpesong ke samping.
Kuat semangat, tahan lapar dan x mudah letih

Abi Nyak Jali jadi Buronan Marsose Belanda

Oleh:  T.A. Sakti



SETELAH   dilantik menjadi Sultan Aceh di Masjid  Besar (sekarang: Masjid Tuha) Indrapuri tahun 1878, Sultan Muhammad Daud Syah terus bergerilya bertahun-tahun dalam kawasan Aceh Besar.  Kemudian beliau pindah ke negeri Pidie dan membuat  Istana (Dalam)  permanen di Keumala Dalam, Pidie.  Selama dua puluh tahun sultan  ini  memerintah  di Keumala Dalam.

Disebut Keumala Dalam, karena di sana pernah dibangun  DALAM (Istana Kerajaan Aceh Darussalam, BUKAN Keumala di pedalaman!).


Berbagai jenis bantuan dikoordinir serta dikirim dari Keumala Dalam ke front pertempuran di Aceh Besar. Siang-malam terdengar derap langkah kuda di sepanjang Gle Meulinteung ( bukit barisan)  mengangkut perlengkapan perang dan logistik/bahan makanan.


 Perang terhadap Belanda saat itu dipimpin Teungku (Tgk)  Chiek Di Tiro yang bertahan di Kuta Aneuk Galong (Benteng Aneuk Galong) sampai beliau meninggal karena diracuni seorang perempuan intel  Belanda. Setelah  Belanda yang berposko di Lam Baro, Aceh Besar  menyerbu Kuta Aneuk Galong  pada jam 03.00 dinihari  tahun 1896, maka   syahid   pula Tgk  Chiek Muhammad Amin putra Tgk Chiek Di Tiro. 


Sejak syahidnya Tgk Chiek Di Tiro dan putra beliau,  kondisi perang sudah menjurus ke perang gerilya.  Belanda terpaksa menaklukkan perlawanan rakyat Aceh dari satu kampung ke kampung lainnya di seluruh Aceh.


  Panglima Kuta Sukon

 Ketika tersebar berita bahwa serdadu Belanda  sudah   melintasi gunung Seulawah menuju  Pidie, banyak penduduk –terutama kaum perempuan dan anak- anak mengungsi ke Gle Meulinteung (bukit  barisan) arah ke Tangse. Keluarga nenek saya juga bergegas ke sana disertai dua anak kecil.  Ayah dari kedua anak perempuan itu  adalah Panglima Kuta Sukon dekat kota Sigli, bernama Tgk Ahmad Titeue.


Sampai hari ini masih diceritakan kisah pengungsian warga gampong Bucue ke Gle Meulinteung.  Mereka menginap di kaki gunung dengan menyandarkan kayu dan daun-daunan ke atas bukit. Di bawah gubuk itulah mereka tinggal siang dan malam. Seorang anak perempuan yang sulung  selalu menangis minta pulang ke rumah.  “Hana kutakot kaphe paleh” ( saya tak takut kafir Belanda celaka), selalu diulang-ulangnya sambil menangis. Kedua anak perempuan itu bernama Nyak Ubit dan Hamidah. Setelah sekian lama di pengungsian, mereka pun kembali ke kampung halaman.


Waktu terus berlalu dan perang melawan Belanda pun terus berlanjut di Pidie. Sementara itu isteri Panglima Kuta Sukon, Tgk Ahmad Titeue  melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama Affan.

Ketika Affan masih dalam gendongan ibu (Aceh: mantong lam tingkue) karena belum bisa “tateh” berjalan, Tgk Ahmad Titeue   ditangkap Belanda dan dibuang ke Beutawi ( sekarang: Jakarta) dan tak pernah kembali.


Saat itu benteng/ Kuta Sukon  telah ditawan Marsose Belanda (pasukan khusus Belanda). Para pejuang  Aceh yang selamat melanjutkan perang gerilya. Di suatu sore yang naas Tgk Ahmad Titeue  dikepung  pasukan   Belanda. Beliau keluar dari gampong Bucue, lewat persawahan menuju gampong Beutong Peureulak.


 Rupanya di kampung yang dituju sudah siap menunggu sepasukan Marsose dengan kelewang terhunus. Akhirnya, Tgk Ahmad Titeue ditawan Belanda selang beberapa petak sawah dari gampong Beutong Peureulak. Sewaktu saya kecil, ada sebatang pohon kapuk (Aceh: bak panjoe) yang tumbuh lama di titik penangkapan  sang panglima itu. Setelah lewat lima tahun dari inteniran/pembuangan itu, kakek  (Abusyik) saya pun melamar “janda” Tgk. Ahmad Titeue,  yang bernama Tgk Nyak Gade.


Dampak Perang di Bucue

Kondisi  amat mencekam melanda seluruh negeri Pidie pada  saat  masuknya  pasukan Belanda. 

Kehidupan di kampung  pun jauh dari rasa aman. Tidak semua tanah persawahan dibajak orang lagi, sebab tidak semua orang lelaki mau mengambil  “surat tanda menyerah” kepada Belanda.  Sawah-sawah yang dianggap kurang banyak hasil dan letaknya dikelilingi hutan ditinggalkan warga Bucue tanpa merasa rugi. 


 Begitulah yang terjadi pada persawahan di blang Klok Kulu di gampong Bucue. Menurut cerita, sempat  banyak tumbuh bak barat daya (pohon barat daya) sebesar uram pha (paha orang dewasa)  dan diselimuti bermacam tanaman semak dan urot  yang merambat ke seluruh area.


Dalam masa perang melawan Belanda, terutama masa perang gerilya, rumah-rumah di Aceh termasuk di gampong Bucue tidak terpasang dinding lagi. Semuanya telah dicopot atau ditarik dengan galah oleh pasukan Marsose Belanda.  Rumah yang mempunyai dinding, ditakuti  menjadi  pos  berkumpul  Ureueng Muslimin Aceh. Setiap kali patroli pasukan Belanda ke kampung-kampung, pasti dinding rumah dulu yang jadi sasaran mereka.



Rumah yang ditempati Tgk. Ibrahim ( orang  yang lolos dari sergapan Belanda di benteng rumpun bambu, Lampoh rot Timu),  juga tak  punya  dinding, hanya polos terbuka. Ketika Tgk Ibrahim menjadi Lintobaro (pengantin baru) di rumah itu, mertuanya hanya memasang dinding kamar pengantin dengan sangkutan jaitan daun rumbia yang sering dipakai warga buat atap rumah.


Dalam kamar  rajutan daun rumbia  itulah beliau tingggal di saat-saat aman dari kejaran Belanda, sampai ia mempunyai seorang anak lelaki yang bernama Abdul Jalil. Sebab itulah, ia sering digelari Abi Nyak Jali, artinya ayah dari seorang anak yang berinisial Jali. Tgk Ibrahim tak sempat hidup lama bersama anak laki-laki semata wayang itu. 


 Sejak terhindar dari dibakar hidup-hidup oleh Marsose Belanda di persembunyian rumpun bambu,  beliau terus menjadi buronan pasukan Belanda  sepanjang waktu. Ia selalu berpindah-pindah tempat , mencari lokasi yang aman. Pada suatu hari pasukan Belanda mengepung tempat “tinggalnya” di lampoh Kuta Trieng (kebun benteng bambu). Ia bersama sejumlah gerilyawan dan seorang adiknya bernama Tgk. Hasan.


Dalam kondisi saling tembak menembak itu, beberapa teman Tgk Ibrahim sudah jadi korban syahid alias meninggal. Abi Nyak Jali yang terpisah jauh dari teman-temannya, mengira adiknya Tgk Hasan juga sudah tertembak.


Menyikapi hal yang sebenarnya keliru itu,  Abi Nyak Jali langsung menggasak ke arah pasukan Belanda tanpa mengira keselamatan dirinya. Akhirnya, ia rebah tertembak,  sementara adiknya Tgk Hasan ditawan Belanda, lalu dibuang ke Beutawi/Jakarta. 


Ketika masa hukumannya sudah habis, ia  balik  ke gampong Bucue dengan membawa pulang oleh-oleh  berupa biji  pohon  Asan teungeut (Angsana tidur). Pohon  Asan teungeut (tiap sore daunnya lunglai)  tumbuh besar dan tinggi puluhan tahun lamanya,  hingga tumbang sekitar tahun 1990-an.


Sebelum tumbang, jasa naungan daunnya jadi tempat istirahat orang-orang  pulang dari sawah, tempat mengirik padi yang sudah dipanen (ceumeulho) dan tempat berteduh anak-anak yang menunggui  jemuran padi(keumiet pade).  Setelah tumbang serta kering, batangnya dikampak   kaum ibu untuk dijadikan kayu api buat memasak.  Bertahun pula kaum ibu Bucue  membelahnya dengan kampak (Aceh: galang), sebagai rahmat Allah dari pejuang Aceh. Menurut informasi terakhir, mertua saya Tgk Nyak Hajjah Rohani yang paling banyak menggalangnya.



*Penulis, peminat sejarah dan  kitab jameun (manuskrip  Aceh), melaporkan dari Gampong Bucue, Kecamatan Sakti, Pidie.



*Tambeh: Artikel ini pernah dimuat dalam rubrik  “Jurnalisme Warga” Harian Serambi Indonesia; menjelang tanggal 17 Agustus 2023 tahun lalu).

GERAKAN SILAT PELINTAU TAMIANG

Macam macam Bentuk Jurus Pelintau

Jurus dalam pencak silat adalah rangkaian gerakan dasar atau teknik yang dilakukan secara perseorangan atau berpasangan yang dilakukan sebagai panduan untuk menguasai penggunaan teknik lanjutan dalam pencak silat.

1. jurus salam pembuka

melakukan salam dalam pencak silat merupakan perwujudan sikap PENGHORMATAN kepada para penonton,lawan,dan biasanya juga penghormatan kepada juri ataupun pelatih

2. Jurus sempok bawah




Kedua kaki dilipat silang, sedangkan tangan terbuka dalam posisi siap di depan dada, pandangan rileks ke depan.

3. jurus sempok putar

penyilangan kaki dengan di awali dari sikap pasang kemudian memutarkan badan yang di ikuti gerak lipatan kaki

4. jurus patah siku luar dan dalam




jurus ini pada dasar nya ialah bentuk pertahanan yang di awali dari gerak tangkap putar dan patah

5. jurus buang dalam

jurus ini merupakan bentuk sambutan atau elakan guna untuk hindaran dan balasan

6. jurus cakar rimau mengintai


jurus ini biasa nya di pakai dalam bentuk serangan dekat dengan langkah pendek atau main bawah.

7. jurus ancang




bentuk gerakan ini berfokus pada gerak serang patahan bawah yang pada dasar nya untuk pelumpuhan sendi sendi pada bagian bawah

8. Jurus kekho(kera)


jurus ini biasanya di mainkan pada bentuk gerak serang dengan metode kecepatan dan kelincaha dalam titik serang pada daerah daerah vital organ tubuh

9. jurus patah lengan

jurus ini merupakan bentuk serangan daerah atas lawan atau men tinggi yang berpusat pada bentuk kuncian yang mengakibatkan patahan

10. tipak atas


salah satu jurus dengan tumpun pada gerakan kaki lurus atau pun putaran yang menyasar pada posisi atas lawan

11. jurus tipak bawah

salah satu jurus dengan tumpun pada gerakan kaki lurus atau pun putaran yang menyasar pada posisi bawah

12 jurus kuntaw

jurus yang mengandalkan ujung tukah jari yang mampu mengubah kekuatan tangan menjadi tusukan yang biasanya di lakukan secara beruntun di satu titik sentral  yang menjadi tujuan pukulan

13. jurus sapu angin

jurus ini di mainkan secara capat dan tak bersuara

14. jurus hentak siku



15. jurus tipak mukak

16. jurus tipak belakang

17. jurus pikol

18. jurus elang lekak


19. jurus patah lutut

20 jurus tipak samping


21. jurus pukul bumi





















banjer