Home

Rabu, 10 Juli 2024

Ayat Manzil

 

Manzil ini mengandungi beberapa ayat al-Quran yang telah diajar oleh Rasulullah SAW kepada para sahaba r. anhum sebagai penawar dan ubat (syifa) daripada beberapa jenis penyakit rohani dan jasmani serta sebagai pelindung daripada sihir.

Fadhilat mengamalkan ayat manzil adalah banyak. 

Melalui pengalaman kebanyakkan orang, manzil ini sangat mujarab untuk menyembuhkan penyakit sihir, jin dan lain-lain.

Cara mengubati pesakit ini adalah sama ada pesakit itu sendiri membaca ayat-ayat tersebut ataupun orang lain membacakannya dan dihembus ke dalam air untuk diminum pesakit.

Bacaan Ayat Manzil

1.      Membaca al-Fatihah

2.      Surah al-Baqarah ayat 1 — 5

3.      Surah al-Baqarah ayat 163

4.      Surah al-Baqarah ayat 255 (Ayatul Kursi)

5.      Surah al-Baqarah ayat 256

6.      Surah al-Baqarah ayat 257

7.      Surah al-Baqarah ayat 284

8.      Surah al-Baqarah ayat 285

9.      Surah al-Baqarah ayat 286

10.  Surah al-Imraan ayat 18

11.  Surah al-Imraan ayat 26

12.  Surah al-Imraan ayat 27

13.  Surah al-A’raf ayat 54 — 56

14.  Surah al-Isra’ ayat 110 — 111

15.  Surah al-Mukminun ayat 115 — 118

16.  Surah al-Shaffat ayat 1 — 11

17.  Surah ar-Rahman ayat 33 — 40

18.  Surah al-Hasyr 21 — 24

19.  Surah Jinn 1 — 4

20.  Surah al-Kafirun

21.  Surah al-Ikhlas

22.  Surah al-Falaq

23.  Surah an-Nas

Ayat 4 selempang merah ( ilmu perang )

 


1. Doa/istigfar nabi Yunos a.s dalam perut ikan Nun ” Lailaha ila anta subhanaka….- 33x

2. Amalan saidina Ali r.a ” Wallahu gholibun ‘ala amri” -33x

3. Amalan Asif Barkhiya ” Ya hayyun Ya Qoyyum……-33x

4. Amalan Imam Ghazali ” Ya zaljalali wal ikram” – 100x

tujuan amalan nih ialah utk menaikan semangat dan mendekatkan diri kepada Allah.

Selain tu utk minta diselamatkan dlm peperangan.

Kelebihan ayat 4 nih bila musuh serang pakai senjata jadi tak kena. Terpesong ke samping.
Kuat semangat, tahan lapar dan x mudah letih

Abi Nyak Jali jadi Buronan Marsose Belanda

Oleh:  T.A. Sakti



SETELAH   dilantik menjadi Sultan Aceh di Masjid  Besar (sekarang: Masjid Tuha) Indrapuri tahun 1878, Sultan Muhammad Daud Syah terus bergerilya bertahun-tahun dalam kawasan Aceh Besar.  Kemudian beliau pindah ke negeri Pidie dan membuat  Istana (Dalam)  permanen di Keumala Dalam, Pidie.  Selama dua puluh tahun sultan  ini  memerintah  di Keumala Dalam.

Disebut Keumala Dalam, karena di sana pernah dibangun  DALAM (Istana Kerajaan Aceh Darussalam, BUKAN Keumala di pedalaman!).


Berbagai jenis bantuan dikoordinir serta dikirim dari Keumala Dalam ke front pertempuran di Aceh Besar. Siang-malam terdengar derap langkah kuda di sepanjang Gle Meulinteung ( bukit barisan)  mengangkut perlengkapan perang dan logistik/bahan makanan.


 Perang terhadap Belanda saat itu dipimpin Teungku (Tgk)  Chiek Di Tiro yang bertahan di Kuta Aneuk Galong (Benteng Aneuk Galong) sampai beliau meninggal karena diracuni seorang perempuan intel  Belanda. Setelah  Belanda yang berposko di Lam Baro, Aceh Besar  menyerbu Kuta Aneuk Galong  pada jam 03.00 dinihari  tahun 1896, maka   syahid   pula Tgk  Chiek Muhammad Amin putra Tgk Chiek Di Tiro. 


Sejak syahidnya Tgk Chiek Di Tiro dan putra beliau,  kondisi perang sudah menjurus ke perang gerilya.  Belanda terpaksa menaklukkan perlawanan rakyat Aceh dari satu kampung ke kampung lainnya di seluruh Aceh.


  Panglima Kuta Sukon

 Ketika tersebar berita bahwa serdadu Belanda  sudah   melintasi gunung Seulawah menuju  Pidie, banyak penduduk –terutama kaum perempuan dan anak- anak mengungsi ke Gle Meulinteung (bukit  barisan) arah ke Tangse. Keluarga nenek saya juga bergegas ke sana disertai dua anak kecil.  Ayah dari kedua anak perempuan itu  adalah Panglima Kuta Sukon dekat kota Sigli, bernama Tgk Ahmad Titeue.


Sampai hari ini masih diceritakan kisah pengungsian warga gampong Bucue ke Gle Meulinteung.  Mereka menginap di kaki gunung dengan menyandarkan kayu dan daun-daunan ke atas bukit. Di bawah gubuk itulah mereka tinggal siang dan malam. Seorang anak perempuan yang sulung  selalu menangis minta pulang ke rumah.  “Hana kutakot kaphe paleh” ( saya tak takut kafir Belanda celaka), selalu diulang-ulangnya sambil menangis. Kedua anak perempuan itu bernama Nyak Ubit dan Hamidah. Setelah sekian lama di pengungsian, mereka pun kembali ke kampung halaman.


Waktu terus berlalu dan perang melawan Belanda pun terus berlanjut di Pidie. Sementara itu isteri Panglima Kuta Sukon, Tgk Ahmad Titeue  melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama Affan.

Ketika Affan masih dalam gendongan ibu (Aceh: mantong lam tingkue) karena belum bisa “tateh” berjalan, Tgk Ahmad Titeue   ditangkap Belanda dan dibuang ke Beutawi ( sekarang: Jakarta) dan tak pernah kembali.


Saat itu benteng/ Kuta Sukon  telah ditawan Marsose Belanda (pasukan khusus Belanda). Para pejuang  Aceh yang selamat melanjutkan perang gerilya. Di suatu sore yang naas Tgk Ahmad Titeue  dikepung  pasukan   Belanda. Beliau keluar dari gampong Bucue, lewat persawahan menuju gampong Beutong Peureulak.


 Rupanya di kampung yang dituju sudah siap menunggu sepasukan Marsose dengan kelewang terhunus. Akhirnya, Tgk Ahmad Titeue ditawan Belanda selang beberapa petak sawah dari gampong Beutong Peureulak. Sewaktu saya kecil, ada sebatang pohon kapuk (Aceh: bak panjoe) yang tumbuh lama di titik penangkapan  sang panglima itu. Setelah lewat lima tahun dari inteniran/pembuangan itu, kakek  (Abusyik) saya pun melamar “janda” Tgk. Ahmad Titeue,  yang bernama Tgk Nyak Gade.


Dampak Perang di Bucue

Kondisi  amat mencekam melanda seluruh negeri Pidie pada  saat  masuknya  pasukan Belanda. 

Kehidupan di kampung  pun jauh dari rasa aman. Tidak semua tanah persawahan dibajak orang lagi, sebab tidak semua orang lelaki mau mengambil  “surat tanda menyerah” kepada Belanda.  Sawah-sawah yang dianggap kurang banyak hasil dan letaknya dikelilingi hutan ditinggalkan warga Bucue tanpa merasa rugi. 


 Begitulah yang terjadi pada persawahan di blang Klok Kulu di gampong Bucue. Menurut cerita, sempat  banyak tumbuh bak barat daya (pohon barat daya) sebesar uram pha (paha orang dewasa)  dan diselimuti bermacam tanaman semak dan urot  yang merambat ke seluruh area.


Dalam masa perang melawan Belanda, terutama masa perang gerilya, rumah-rumah di Aceh termasuk di gampong Bucue tidak terpasang dinding lagi. Semuanya telah dicopot atau ditarik dengan galah oleh pasukan Marsose Belanda.  Rumah yang mempunyai dinding, ditakuti  menjadi  pos  berkumpul  Ureueng Muslimin Aceh. Setiap kali patroli pasukan Belanda ke kampung-kampung, pasti dinding rumah dulu yang jadi sasaran mereka.



Rumah yang ditempati Tgk. Ibrahim ( orang  yang lolos dari sergapan Belanda di benteng rumpun bambu, Lampoh rot Timu),  juga tak  punya  dinding, hanya polos terbuka. Ketika Tgk Ibrahim menjadi Lintobaro (pengantin baru) di rumah itu, mertuanya hanya memasang dinding kamar pengantin dengan sangkutan jaitan daun rumbia yang sering dipakai warga buat atap rumah.


Dalam kamar  rajutan daun rumbia  itulah beliau tingggal di saat-saat aman dari kejaran Belanda, sampai ia mempunyai seorang anak lelaki yang bernama Abdul Jalil. Sebab itulah, ia sering digelari Abi Nyak Jali, artinya ayah dari seorang anak yang berinisial Jali. Tgk Ibrahim tak sempat hidup lama bersama anak laki-laki semata wayang itu. 


 Sejak terhindar dari dibakar hidup-hidup oleh Marsose Belanda di persembunyian rumpun bambu,  beliau terus menjadi buronan pasukan Belanda  sepanjang waktu. Ia selalu berpindah-pindah tempat , mencari lokasi yang aman. Pada suatu hari pasukan Belanda mengepung tempat “tinggalnya” di lampoh Kuta Trieng (kebun benteng bambu). Ia bersama sejumlah gerilyawan dan seorang adiknya bernama Tgk. Hasan.


Dalam kondisi saling tembak menembak itu, beberapa teman Tgk Ibrahim sudah jadi korban syahid alias meninggal. Abi Nyak Jali yang terpisah jauh dari teman-temannya, mengira adiknya Tgk Hasan juga sudah tertembak.


Menyikapi hal yang sebenarnya keliru itu,  Abi Nyak Jali langsung menggasak ke arah pasukan Belanda tanpa mengira keselamatan dirinya. Akhirnya, ia rebah tertembak,  sementara adiknya Tgk Hasan ditawan Belanda, lalu dibuang ke Beutawi/Jakarta. 


Ketika masa hukumannya sudah habis, ia  balik  ke gampong Bucue dengan membawa pulang oleh-oleh  berupa biji  pohon  Asan teungeut (Angsana tidur). Pohon  Asan teungeut (tiap sore daunnya lunglai)  tumbuh besar dan tinggi puluhan tahun lamanya,  hingga tumbang sekitar tahun 1990-an.


Sebelum tumbang, jasa naungan daunnya jadi tempat istirahat orang-orang  pulang dari sawah, tempat mengirik padi yang sudah dipanen (ceumeulho) dan tempat berteduh anak-anak yang menunggui  jemuran padi(keumiet pade).  Setelah tumbang serta kering, batangnya dikampak   kaum ibu untuk dijadikan kayu api buat memasak.  Bertahun pula kaum ibu Bucue  membelahnya dengan kampak (Aceh: galang), sebagai rahmat Allah dari pejuang Aceh. Menurut informasi terakhir, mertua saya Tgk Nyak Hajjah Rohani yang paling banyak menggalangnya.



*Penulis, peminat sejarah dan  kitab jameun (manuskrip  Aceh), melaporkan dari Gampong Bucue, Kecamatan Sakti, Pidie.



*Tambeh: Artikel ini pernah dimuat dalam rubrik  “Jurnalisme Warga” Harian Serambi Indonesia; menjelang tanggal 17 Agustus 2023 tahun lalu).

GERAKAN SILAT PELINTAU TAMIANG

Macam macam Bentuk Jurus Pelintau

Jurus dalam pencak silat adalah rangkaian gerakan dasar atau teknik yang dilakukan secara perseorangan atau berpasangan yang dilakukan sebagai panduan untuk menguasai penggunaan teknik lanjutan dalam pencak silat.

1. jurus salam pembuka

melakukan salam dalam pencak silat merupakan perwujudan sikap PENGHORMATAN kepada para penonton,lawan,dan biasanya juga penghormatan kepada juri ataupun pelatih

2. Jurus sempok bawah




Kedua kaki dilipat silang, sedangkan tangan terbuka dalam posisi siap di depan dada, pandangan rileks ke depan.

3. jurus sempok putar

penyilangan kaki dengan di awali dari sikap pasang kemudian memutarkan badan yang di ikuti gerak lipatan kaki

4. jurus patah siku luar dan dalam




jurus ini pada dasar nya ialah bentuk pertahanan yang di awali dari gerak tangkap putar dan patah

5. jurus buang dalam

jurus ini merupakan bentuk sambutan atau elakan guna untuk hindaran dan balasan

6. jurus cakar rimau mengintai


jurus ini biasa nya di pakai dalam bentuk serangan dekat dengan langkah pendek atau main bawah.

7. jurus ancang




bentuk gerakan ini berfokus pada gerak serang patahan bawah yang pada dasar nya untuk pelumpuhan sendi sendi pada bagian bawah

8. Jurus kekho(kera)


jurus ini biasanya di mainkan pada bentuk gerak serang dengan metode kecepatan dan kelincaha dalam titik serang pada daerah daerah vital organ tubuh

9. jurus patah lengan

jurus ini merupakan bentuk serangan daerah atas lawan atau men tinggi yang berpusat pada bentuk kuncian yang mengakibatkan patahan

10. tipak atas


salah satu jurus dengan tumpun pada gerakan kaki lurus atau pun putaran yang menyasar pada posisi atas lawan

11. jurus tipak bawah

salah satu jurus dengan tumpun pada gerakan kaki lurus atau pun putaran yang menyasar pada posisi bawah

12 jurus kuntaw

jurus yang mengandalkan ujung tukah jari yang mampu mengubah kekuatan tangan menjadi tusukan yang biasanya di lakukan secara beruntun di satu titik sentral  yang menjadi tujuan pukulan

13. jurus sapu angin

jurus ini di mainkan secara capat dan tak bersuara

14. jurus hentak siku



15. jurus tipak mukak

16. jurus tipak belakang

17. jurus pikol

18. jurus elang lekak


19. jurus patah lutut

20 jurus tipak samping


21. jurus pukul bumi





















Rabu, 01 Mei 2024

Syekh Batu Mandi

 



Dulu ada seseorang yang belajar selama 40 tahuun namun ia merasa ilmu yang diajarkan sangat susah untuk di dapat, hinga ia merasa menyerah, hingga pada suatu hari ia berhenti di sebuah gua ia melihat air menetesi batu besar hingga batu besar itu berlubang….

Ia adalah seorang pengembang ajaran islam yang hidup pada masa 750 H pada masa itu agama sislam berada pada masa puncak nya

Jumat, 26 April 2024

RUMAH ADAT TAMIANG


 


Rumah Adat Etnik Tamiang di Aceh hampir sama dengan rumah tradisional masyarakat melayu. Rumah adat Aceh Tamiang berbentuk panggung bertiang empat segi, banyak tiang rumah induk 9 atau 12 tiang. Berhubungan panjang agak sedikit melengkung ke tengah,  dan bubungan dapur agak terpisah, sedikit lebih rendah dari rumah induk.

 

Tinggi Rumah induk Sekerujoung (sepanjang jangkauan orang dewasa. Atau bertangga tujuh. Manju(teras), serambi muka dapur tingginya separas, lebih rendah 30 cm dari dari rumah induk.  Biasanya rumah di usahakan menghadap kearah barat. Jika rumah berada di pinggir sungai maka rumah menghadap kearah sungai karena ada pamali (tabu) bagi perkauman Tamiang kalau rumahnya melintang sungai.

 

Seperti Rumah adat lainnya Rumah adat Tamiang juga memiliki kekhasan  dalam bentuk ukiran (relief). Pemberian relief ataupun lukisan hanya dibuat pada pe miping (penahan angin) dan papan yang membatasai tinggi antara serambi dengan rumah induk.

 

Jenis ukiran yang di jumpai pada rumah adat Tamiang adalah berbentuk daun-daun kayu, bunga ataupun sejenis akar-akaran yang merambat. Jenis lainnya berupa ukiran simetris yang saling sambung dinamakan "awan berarak"

 

Salah satu kemiripan dengan rumah adat Aceh di rumah adat Tamiang juga memiliki lesung kaki maupun lesung tangan yang terdapat di bawah rumah. Lesung ini di gunakan sebagai alat untuk para dara menumbuk padi. Sedangkan kandang ternak di letakkan jauh di belakang rumah. Seiring perkembangan zaman model rumah Tamiang ini nyaris hilang, akibat dari terjadinya globalisasi. Masuknya budaya luar menyebabkan banyak perubahan dalam bentuk rumah masyarakat Aceh Tamiang. 

terjadinya globalisasi. Masuknya budaya luar menyebabkan banyak perubahan dalam bentuk rumah masyarakat Aceh Tamiang. 

TUMBOK LADE ( aceh tamiang )

 


Tumbuk Lada adalah senjata tradisional Aceh Tamiang, sebuah kabupaten di Aceh yang memiliki kekayaan tradisi dan sejarah. Tumbuk lada bukanlah hanya sekadar senjata, namun juga merupakan warisan budaya dan kebanggaan masyarakat Aceh. Keunikan senjata ini ada dalam desain dan juga kegunaannya, juga menjadi simbol keberanian dan kekuatan untuk melindungi dan mempertahankan daerah asalnya.

Tumbuk Lada dalam bahasa Aceh disebut dengan “Ruyung”. Tetapi masyarakat Aceh lebih familiar dengan sebutan Tumbuk Lada karena senjata ini khusus digunakan dalam pertarungan tradisional yang sering terjadi di masa lalu.

 

pakaian yang digunakan raja sejak berdirinya Kerajaan Tamiang pada abad ke-14 pada masa kepemimpinan Raja Muda Sedia.

Kelengkapan aksesoris Teluk Belanga Tamiang ini terdiri atas tujuh, yakni tengkulok, kelat bahu, pending, salempong, selop kerucut, serati, dan tumbok lade.



tumbok lade memiliki pucuk pisau yang tumpul ( bentuk ekor limbat )

gagang dan sarung terbuat dari tanduk kerbau


Senin, 04 Maret 2024

Aceh ( Meurah Perlak )




Di share dari catatan Fikar w eda.

Kisah kedatangan rombongan pedagang dari Persia di Blang Seupeung, pusat kerajaan Jeumpa yang saat itu masih menganut agama Hindu Purba.
Meurah Perlak
Salah seorang rombongan adalah putra kerajaan Persia yang ditaklukkan pada masa Khalifatuh Rasyidin, bernama Maharaj Syahriar Salman,keturunan Dinasti Sassanid yang pernah berjaya pada tahun 224-651 M. Syahriar menikah dengan putri istana Jeumpa bernama Mayang Seludang. Karena perkawinan ini Syahriar Salman memilih menetap di Perlak (sekarang Peurelak) salah satu kawasan kerajaan dibawah pimpinan Meurah Perlak
Meurah Perlak yang tidak mempunyai anak, menganggap pasangan ini sebagai “anak”. Ketika meninggal, menyerahkan kerajaan kepada Maharaj Syahriar Salman sebagai anak.
Dari perkawinan tersebut, mereka mendapatkan empat orang putra dan seorang putri. Mereka adalah Syahir Nuwi, Syahir Dauli, Syahir Pauli dan Syahir Tanwi dan seorang putri bernama Tansyir Dewi. Keempat putra tersebut kemudian menjadi raja pada wilayah yang berbeda di Aceh.
Syahir Nuwi menjadi raja di Perlak menggantikan ayahnya (bergelar Meurah Syahir Nuwi), Syahir Dauli menjadi Meurah di negeri Indra Purba (sekarang Aceh Besar). Syahir Pauli menjadi Meurah di negeri Samaindera (sekrang Pidie) dan Syahir Tanwi menjadi Meurah Jeumpa menggantikan kakeknya (kelak mereka dikenal dengan “Kaom Imuem Tuha Peut"-Penguasa yang empat).
Dengan demikian, kawasan sepanjang Selat Malaka di kuasai oleh keturunan Maharaj Syahriar Salman, keturunan sassanid Persia dan Dinasti Jeumpa (sekarang Bireuen).
Sementara Tansyir Dewi menikah dengan Sayid Maulana Ali Al-Muktabar, anggota rombongan pendakwah yang tiba di Perlak (tahun 173H/800M). Dari perkawinan itu menghadirkan seorang putra bernama Sayid Maulana Abdul Aziz-Syah, yang setelah dewasa bergelar Sultan Alaidin Sayid Maulana Abdul Aziz Syah, Sultan pertama kerajaan Islam perlak (bertepatan satu Muharram 225 H).
Sayyid Maulana Ali Al-Muktabar, merupakan putra dari Sayid Muhammad Diba’i anak Imam Jakfar Asshadiq (Imam syiah ke-6) anak dari Imam Muhammad Al Baqir (imam syiah ke-5) anak dari Sayyidina Ali Muhammad Zainal Abidin, satu-satunya putra Sayyidina Husen (cucu Rasullullah SAW) yang merupakan putra dari Sayyidina Ali bin Abu Thalib yang menikah dengan putri Rasullullah, Siti Fatimah.
emua tanggapa

Rabu, 03 Januari 2024

CERITA GUA KEMANG ( ATOK KULOK )


Alkisah, hiduplah seorang peladang di kampung tersebut. Dia biasa dipanggil Atok (kakek) Kulok. Sebagai seorang peladang, Atok mau membuka hutan yang masih berada tidak jauh dari kawasan perkampungan untuk dijadikan lahan bercocok tanam.

Dalam perjalanan menuju lokasi tersebut, Atok bertemu dengan sesosok mahkluk bertubuh kecil dengan kakinya terbalik. Tumitnya menghadap ke depan dan jari kakinya ke belakang. Orang-orang menyebutnya Long Jernang.

“Mau kemana?” Long Jernang bertanya pada Atok. Atok menjelaskan bahwa dia mau membuka hutan untuk berladang padi. Long Jernang pun menawarkan bantuan kepada Atok, dengan syarat Atok tidak boleh membawa perempuan dan anak kecil ke ladangnya. Atok menyanggupinya, walaupun dia sendiri punya seorang istri yang baru saja melahirkan.

Akhir kata, Long Jernang dan kawan-kawannya membantu Atok membuka hutan. Dalam satu hari, lahan seluas tiga hektar selesai dibersihkan dan siap untuk ditanam. Sebelum senja, Atok kembali ke rumahnya. Di rumah, dia mengatakan kepada istrinya, bahwa lahan untuk ladang sudah selesai dibuka, dan besok dia akan mulai menanam padi. Dia juga meminta istrinya untuk menyiapkan benih padi yang akan ditanam besok.

Sang istri pun heran, bagaimana bisa lahan seluas tiga hektar dapat diselesaikan suaminya dalam waktu hanya satu hari. Dengan hati bertanya-tanya, dia tetap menyiapkan benih padi yang akan ditanam.

Keesokan harinya, Atok sudah berada kembali di ladangnya dengan membawa benih padi yang akan ditanam. Namun tak disangka, Long Jernang marah padanya karena dia telah mengingkari janji. Atok sama sekali tidak mengerti kenapa Long Jernang bisa menuduhnya seperti itu. Padahal dia tidak pernah membawa perempuan atau anak kecil ke ladangnya. Tiba-tiba saja, istri dan anak Atok sudah berada di belakangnya. Ternyata, istri Atok diam-diam mengikutinya karena rasa penasaran yang tak tertahankan. Perjanjian Atok dengan Long Jernang pun batal. Semuanya berubah menjadi hutan kembali seperti sedia kala. Mendapati itu, Atok marah besar. Namun apa daya, nasi sudah jadi bubur.

Besoknya, Atok kembali membuka hutan tersebut untuk dijadikan ladang padi. Selama berhari-hari akhirnya Atok pun berhasil membersihkannya. Ketika itulah ditemukan batu besar yang disebut Gua Kemang. Hingga saat ini, batu besar tersebut diyakini oleh masyarakat setempat sebagai rumah Long Jernang yang pernah membantu Atok.

 Long Jernang” merupakan bahasa Tamiang yang berarti jin atau roh. Seperti diceritakan  fisik dari Long Jernang seperti manusia, tapi lebih kecil. Bedanya lagi, kalau berjalan, kakinya terbalik, tumitnya menghadap ke depan sedangkan jari-jari kakinya ke arah belakang. “Itu kata orang yang sudah pernah melihatnya. Seperti orang bunian,” 



Selasa, 02 Januari 2024

KISAH TAMIANG


PANGLIMA LEMBING DAN DATOK TEGAP

apa tanda orang aniaya,
lupa diri tak ingat asalnya
kepada orang semena-mena
setan dan iblis kawan setianya

lupa diri, binasa sendiri
lupa diir, hidup terkeji
lupa diri, musnahlah budi
lupa diri, binasalah kaji
lupa diri, akal pun mati



Alkisah, di daerah Hulu Tamiang, hiduplah seorang laki-laki bernama Abang sehak. Kerjanya setiap hari hanya membuat kekacauan di mana-mana, seperti mencuri dan merampas barang milik orang lain.

Pada suatu hari, Abang sehak menunggu warga yang membawa hasil kebunnya untuk di jual ke pasar. Setelah beberapa saat menunggu, tampaklah dari kejauhan seorang laki-laki setengah baya sedang memikul keranjang berisi sayur-sayuran dan buah-buahan.

"Hmmm... ini dia yang kutunggu-tunggu! Aku akan mengambil barang-barang si tua bangka itu dari belakang. Pasti dia tidak akan tahu!" gumam Abang sehak.

Setelah beberapa jauh orang tua itu melewati tempat persembunyiannya, secara diam-diam Abang sehak membuntutinya sambil berjingkat-jingkat. Ia hendak mengambil buah-buahan yang ada di keranjang belakang orang tua itu. Namun tanpa disadarinya, ternyata orang tua itu adalah seorang pendekar silat yang berilmu tinggi, bernama Long dulah yang terkenal dengan panggilan Datok tegap. Banyak orang yang datang berguru kepadanya.

Menyadari ada orang yang mengikutinya, Datok Tegap langsung membentak:

"Hai, jangan main-main!"

Alangkah terkejutnya Abang Sehak mendengar bentakan itu, apalagi ketika orang tua itu menoleh kepadanya. Ternyata orang tua itu adalah Datok Tegap, guru silat yang cukup disegani di tanah Tamiang.

"Oh, maaf Datok! Bagaimana Datok dapat mengetahui kalau saya ada di belakang Datok? Apakah Datok mempunyai ilmu batin?" tanya Abang sehak.

"Tidak... Tidak...! Aku tidak mempunyai ilmu apa-apa. Aku hanya menebak-nebak saja, dan kebetulan tebakanku benar," jawab Datok Tegap sambil terus berlalu tanpa menghiraukan Abang sehak.

Namun, Abang Sehak terus membuntutinya.

"Tidak usah berbohong Datok! Datok pasti mempunyai ilmu batin. Saya mohon ajarkanlah kepada saya Datok!" pinta Abang Sehak.

Setelah beberapa kali Abang Sehak memohon barulah Datok Tegap mengaku bahwa dia memang mempunyai ilmu batin. Ia pun bersedia mengajarkan ilmunya, asalkan Abang Srhak mau memenuhi satu syarat.

"Baiklah, Abang Sehak! Aku bersedia mengajarimu asalkan kamu mau merubah perilakumu yang suka membuat kekacauan di desa ini," ujar Datok Tegap.

"Baiklah, Datok! Aku berjanji tidak akan membuat kekacauan lagi," kata Abang Sehak  berjanji.

"Kalau begitu, datanglah besok ke rumah!" kata Datok Tegap seraya melanjutkan perjalanan menuju ke pasar.

Keesokan harinya, pagi-pagi sekali, Abang Sehak pergi ke rumah Datok Tegap. Saat ia memasuki pekarangan rumah Datok tegap, tampaklah sejumlah murid-murid Darok sedang berlatih ilmu silat dan batin.

"Wah, ternyata Datok mempunyai banyak murid. Kenapa tidak dari dulu aku berguru kepada Datok ?" gumamnya dengan perasaan menyesal.

Melihat kedatangan Abang Sehak, Datok Tegap segera menyuruhnya duduk untuk diberikan pengarahan. Setelah itu, Abang Sehak pun ikut berlatih bersama murid-murid Datok Tegap lainnya. Sejak itu, ia menjadi murid Datok Tegap. Ia termasuk murid yang cerdas dan dapat memahami dan menguasai jurus-jurus yang diajarkan kepadanya dengan sempurna. Tak heran, jika Datok Tegap  sangat menyayanginya dan rela memberikan semua ilmu yang dimilikinya.

Setelah menguasai semua ilmu yang diberikan oleh Datok Tegap, Abang Sehak berpamitan kepada gurunya hendak merantau ke tanah Tanah Melayu ( Malaysia) untuk memperbaiki hidupnya.

"Terima kasih, Guru! Ilmu yang guru berikan akan saya gunakan untuk kebaikan," ucap Abang Sehak.

"Aku pun berharap demikian, Muridku," kata Datok Tegap seraya berpesan kepada Abang Sehak dengan untaian pantun dan syair seperti berikut ini:

wahai ananda hamba ber amanat,
simak olehmu petuah amanah
peganglah dengan hati yang bulat
semoga Tuhan memberimu berkah

maka seperti kata orang tua-tua:
sebelum melangkah pegang petuah
sebelum berjalan amanah dipadan
untuk bekal ananda berjalan

manfaatkan ilmu pada yang terpuji
menjaga diri membela negeri

manfaatkan ilmu pada yang patut,
supaya tak sia-sia ananda menuntut

ilmu jangan dipermain-mainkan
pantang sekali dilagak-lagakkan

ilmu jangan disia-siakan,
amalkan olehmu pada kebajikan
berbuat baik engkau kekalkan
tolong menolong engkau utamakan

tiru olehmu ilmu padi,
semakin merunduk semakin berisi.


Setelah berjanji untuk melaksanakan semua nasehat gurunya, Abang Sehak pun berlayar ke Tanah Melayu dengan menumpang kapal milik Haji Jali dari Pantai Hilir Tamiang. Selama di perjalanan, Haji Jali pun senantiasa memberinya nasehat.

"Wahai, Abang Sehak! Sesampainya di Tanah Melayu, kamu harus pandai-pandai menjaga mulut, karena adat penduduk di sana berbeda dengan adat kita di kampung," pesan Haji Jali.

"Apakah itu, Pak Haji?" tanya Abang Sehak penasaran.

"Jika kamu mendengar ayam berkokok tiga kali berturut-turut bukan pada waktunya, jangan kamu jawab! Jika kamu menjawabnya, berarti kamu telah melawan adat Tanah Melayu. Sebagai hukumannya, kamu harus bertarung melawan Panglima Tanah Melayu," ujar Haji Jali.

"Oh, begitu!" kata Abang Sehak sambil tersenyum.

Setelah berhari-hari berlayar mengarungi lautan luas, tibalah mereka di Tanah Melayu bersamaan waktu magrib. Saat mereka menginjakkan kaki di pelabuhan, terdengarlah suara ayam jantan berkokok tiga kali berturut-turut. Tanpa disadarinya, Abang Sehak menjawab kokokan ayam tersebut.

"Kokkokokkooo...!!!" demikian suara Abang Sehak.

Rupanya, jawaban kokokan ayam Abang Sehakterdengar oleh mata-mata Raja Melayu yang sedang berjaga-jaga di Pelabuhan. Mata-mata itu pun segera melaporkan hal itu kepada Raja.

"Ampun, Baginda! Hamba mendengar suara ayam jantan yang baru saja berlabuh di pelabuhan," lapor mata-mata itu.

"Pengawal! Carilah ayam jantan dari negeri seberang itu yang telah berani menantang adat Tanah Melayu!" perintah sang Raja.

Mendengar perintah tersebut, beberapa pengawal istana segera menuju ke pelabuhan untuk mencari ayam jantan itu, dan membawanya ke istana untuk dihadapkan kepada Raja. Tak berapa lama kemudian, para pengawal itu pun kembali bersama Abang Sehak.

"Hai, orang asing! Siapa kamu ini, berani-beraninya menentang adat negeri ini?" tanya Raja Melayu dengan nada membentak.

"Ampun, Baginda! Hamba seorang perantau dari Tamiang. Orang-orang memanggilku Abang Sehak. Mohon ampun jika hamba telah melanggar adat negeri ini!" Abang Sehak memohon kepada Raja Melayu sambil memberi hormat.

"Asal kamu tahu saja, Abang Sehak! Siapa pun yang melanggar adat negeri ini, maka ia harus menerima hukuman, yaitu bertarung melawan Panglima Tanah Melayu," ujar Raja Melayu.

"Ampun, Baginda! Hamba bersedia menerima hukuman ini. Tapi, berilah hamba waktu tiga hari untuk memulihkan tenaga terlebih dahulu. Hamba sangat kelelahan setelah berhari-hari berlayar terombang-ambing di tengah laut," pinta Abang Sehak.

Setelah berunding dengan panglimanya, sang Raja pun memenuhi permintaan Abang Sehak. Sambil menunggu hari pertarungan itu tiba, Abang Daud tinggal di rumah Haji Jali. Agar Abang Sehak tidak melarikan diri kembali ke negerinya di Tamiang, Raja Melayu mengutus beberapa orang pengawalnya untuk berjaga-jaga di sekitar rumah Haji jali.

Pada malam harinya, usai makan malam, juragan kapal itu berbincang-bincang dengan Abang Sehak.

"Hai, Abang Sehak! Aku sudah berkali-kali menasehatimu, tapi kamu tetap saja melanggar adat negeri ini. Akhirnya, kamu terima sendiri akibatnya," ujar Haji Jali.

"Tidak usah khawatir, Pak Haji! Semoga saja saya bisa mengatasi masalah ini sendiri. Saya mohon maaf jika telah merepotkan Pak Haji," kata Abang Sehak dengan tenangnya.

Pada hari yang telah ditentukan, Abang Sehak datang menghadap sang Raja untuk menepati janjinya. Tak ketinggalan pula Haji Jali bersama warga Tamiang Yang ada disekitaran istana Kerajaan Melayu  untuk menyaksikan pertarungan tersebut. Sebagai sesama orang Tamiang, mereka senantiasa memberikan semangat dan dukungan kepada Abang Sehak agar selamat dari kematian.

Saat rombongan Abang Sehak memasuki halaman istana, tampak seluruh keluarga istana dan para pengawal Raja telah memadati sekitar arena pertarungan yang telah disiapkan. Sesekali terdengar suara ejekan dari para penonton yang meremehkan kemampuan Abang Sehak.

"Ah, orang itu kemari hanya untuk mengantarkan nyawa. Dia pasti akan mati terkapar di atas arena melawan Panglima Tanah Melayu," ucap seorang pengawal.

Sementara itu, saat melihat kedatangan Abang SEhak, Raja Melayu  segera memerintahkan hulubalangnya untuk menyediakan berbagai jenis senjata dan menyuruh Abang Sehak memilih senjata yang dikehendakinya. Abang Sehak memilih sebuah Tongkat lembing.

"Baiklah, kalau itu pilahanmu. Pertarungan akan segera dimulai. Apakah kamu sudah siap, wahai Abang Sehak?" tanya Raja Melayu meyakinkan Abang Sehak.

"Hamba siap, Baginda!" jawab Abang Sehak seraya berjalan menuju ke arena yang telah disediakan di halaman istana.

Ketika kedua petarung itu berada di atas arena, Raja Haji bersama rombongannya dari Tamiang semakin cemas akan menyaksikan pertarungan itu. Lain halnya dengan seluruh masyarakat Tanah Melayu, mereka bersorak gembira sambil terus merendahkan Abang Sehak. Mereka yakin bahwa panglima merekalah yang akan memenangkan pertarungan itu.

"Hai, Abang Sehak! Berdoalah sebelum nyawamu melayang!" celetuk salah seorang penonton dari Tanah Melayu.

"Iya, Abang Sehak! Berpesanlah kepada orang-orang Tamiang sebelum kamu mati sia-sia di tangan Panglima kami!" tambah seorang penonton lainnya dari Tanah Melayu.

Abang Sehak hanya tersenyum mendengar ejekan-ejekan yang dilontarkan kepadanya. Beberapa saat kemudian, pertarungan pun dimulai. Panglima Tanah Melayu mengawali pertarungan itu dengan terlebih dahulu menyerang, sedangkan Abang Sehak hanya menangkis dan menghindar dari serangan-serangan yang datang secara bertubi-tubi. Berkali-kali Panglima Tanah Melayu melancarkan serangan, berkali-kali pula Abang Sehak dapat berkelit dan menghindarinya. Ketika melihat Panglima Tanah Melayu mulai kelelahan, Abang SEhak berbalik menyerang. Hanya dengan beberapa jurus saja, Abang Sehak berhasil memainkan lembing nya tepat pada lambung kiri Panglima Tanah Melayu. Seketika itu pula, Panglima kebanggaan Tanah Melayu itu jatuh terkapar tak sadarkan diri.

Seluruh masyarakat Tanah Melayu yang menyaksikan pertarungan itu terkejut, terutama Raja Melayu. Sang Raja benar-benar tidak pernah mengira sebelumnya bahwa Abang Sehak adalah pendekar yang sangat tangguh dan sakti. Sedangkan masyarakat Tamiang yang semula hanya terdiam diselimuti perasaan cemas, tiba-tiba berteriak kegirangan menyaksikan kemenangan pendekar yang berasal dari tanah kelahiran mereka. Sebagai Raja yang arif dan bijaksana, Raja Melayu pun mengangkat Abang Sehak  menjadi Panglima Tanah Melayu dengan gelar Panglima lembing.

Sejak itu, Panglima Tanah Melayu dari Tamiang tersebut tinggal di istana Kerajaan Melayu dengan kehidupan serba mewah. Namanya pun semakin terkenal hingga ke berbagai negeri. Ia sangat disegani oleh masyarakat Tanah Melayu. Rupanya, pangkat, jabatan, dan ketenaran itu membuatnya lupa diri, penyakitnya mulai kambuh lagi. Ia selalu membuat kekecauan di mana-mana. Raja Melayu pun tidak bisa berbuat apa-apa.

Pada suatu ketika, Abang Sehak yang bergelar Panglima Lembing itu kembali ke kampung halamannya. Di kampungnya, perilaku Panglima Lembing semakin menjadi-jadi, sehingga masyarakat Tamiang menjadi resah. Mendengar berita tersebut, Tumenggung Tamiang pun segera memerintahkan warga untuk menangkapnya. Namun, tak satu pun warga yang mampu mengalahkan kesaktiannya.

"Apa yang harus kita lakukan Tumenggung?" tanya seorang warga dengan risau dalam sebuah pertemuan desa.

"Hmmm... aku kira satu-satunya orang yang dapat menangkap Abang Sehak adalah gurunya sendiri. Apakah kalian mengetahui siapa guru Abang Sehak?" Tumenggung Mentok balik bertanya kepada warga.

"Hai, bukankah dia dulu pernah berguru pada Datok Tegap?" sahut seorang warga.

"Benar, Tumenggung! Dia adalah teman seperguruan saya dulu," tambah seorang warga lainnya.

Akhirnya, beberapa warga segera memanggil Datok Tegap. Tak berapa lama, guru Abang Sehak itu pun datang ke pertemuan desa tersebut.

"Maaf, para hadirin! Sebenarnya saya ragu untuk bisa menangkap Abang Sehak, karena saya telah memberikan seluruh ilmuku kepadanya," ungkap Datok Tegap.

Setelah didesak oleh para warga, Datok Tegap pun bersedia membantu dan segera mencari akal untuk dapat mengalahkan kesaktian muridnya itu. Saat itu pula, ia tiba-tiba teringat dengan satu kelemahan Abang Sehak. Dulu, Abang Sehak pernah bercerita kepadanya bahwa dia tidak bisa berenang. Oleh karena itu, ia akan membujuknya untuk menemaninya mengambil air di sungai. Pada saat itulah, ia akan mendorong Abang SEhak masuk ke dalam sungai.

Keesokan harinya, Datok Tegap pergi menemui Abang Daud. Namun, sebelum mengajak ke sungai, ia berusaha membujuk dan menasehati kembali murid kesayangannya itu.

wahai ananda dengarlah amanah,
kalau hidup peganglah wakil
kalau mati peganglah amanat
pegang petuah dengan amanah
pegang tunjuk dengan ajarnya

wahai ananda dengarlah amanah,
ingat-ingat engkau berjalan
jangan dengar bujukan setan
hawa nafsu jangan turutkan
pertolongan Allah engku mohonkan

hati hati engkau berjalan
petuah amanah jangan lupakan
tunjuk ajar jangan abaikan
ilmu di dada peganglah teguh


Mendapat nasehat dari gurunya, Abang Sehak bukannya berterima kasih, tetapi justru memaki-maki gurunya.

"Hentikan semua omong kosongmu itu Pak Tua! Aku sudah muak dengan semua nasehatmu!" bentak Abang Sehak.

 

banjer